Pages

Kamis, 16 Februari 2012

Mitos Jawa dan kaitannya dengan VOODOO

Tidak boleh potong kuku malam hari???
Pernah dengar alasan dari larangan itu?
Tau nggak asalnya dari mana???

Beberapa hal yang Shin tau mengenai hal ini cuma sebatas rumor. Banyak orang tua ataupun orang yang masih memegang adat jawa lampau melarang anak atau sanak saudaranya untuk memotong kuku ataupun berkutat dengan alat-alat tajam seperti jarum (khususnya jarum jahit) pada malam hari. Jika dilogika, mungkin ada hubungannya dengan keterbatasan kemampuan mata dalam melihat benda-benda kecil dimalam hari. Mungkin juga ada kaitannya dengan sesuatu yang mistis????

Hehehe???
Tertarik?
Masih tertarik untuk tau Urban Legend-nya???


Urban Legengnya, Nggak boleh potong kuku malem hari tuh katanya juga bisa dengan tidak sengaja memanggil arwah atau makhluk yang bisa disebut lelembut loh ya,...

Pernah tau boneka Voodoo? Voodoo sendiri sebenarnya lebih diartikan sebagai nama suatu tradisi dari Ras Dominican. Tradisi keagamaan yang bersifat spiritis-animis yang sebenarnya bertujuan menyembah dewa-dewa mereka guna memohon keselamatan jasmani dari wabah penyakit dengan mengorbankan Boneka sebagai mediatornya.

Awalnya tradisi ini hanya digunakan untuk tujuan rohani mistis. Tetapi seiring masuknya zaman kolonial di Haiti, Voodoo juga digunakan untuk membuat kutukan bahkan beberapa unsur mistis Voodoo kabarnya dapat digunakan untuk membuat Zombie. Percayakah?
Setiap Kutukan Voodoo memiliki simbol yang dimasukkan didalamnya guna arti dari kutukan itu,...Simbol-simbol itu biasanya melambangkan dewa-dewa yang disembah untuk keperluan tertentu.
misalnya:

Lambang berikut adalah dewa Ular, nama lainnya adalah Damballa. Mantra yang biasa diucapkan seperti Damballa Weedo, sering digunakan untuk tujuan atau keperluan-keperluan penyerangan, tetapi ketika upacara suku Haiti, orang yang dirasuki Damballa akan berdesis seperti ular dan berbicara pada api,...
Katanya sih untuk meminta dan mendapat petunjuk, tapi kenyataannya nggak tau juga deh,....














Nah, kembali ke topik,...
Salah satu media yang dibutuhkan dalam ritual Voodoo adalah Kuku atau Rambut. Menurut berita yang pernah Shin dengar, Bagian tubuh manusia, entah bagian yang dibutuhkan ataupun sudah tidak dibutuhkan memiliki unsur Ruh didalamnya. Hal ini lah yang digunakan shaman untuk memberi kutukan pada lawan atau orang yang diincarnya. Jadi ketika kita memotong kuku, sebenarnya kita memberikan mediator pada orang lain untuk mengutuk kita, wkwkwkwkwk,....

Nggak lah,...
Mungkin,...
Dan kenapa tidak boleh dimalam hari?
Beberapa orang yang percaya pada hal mistik tentunya paham kenapa kata "MALAM" muncul. Dipercaya bahwa ketika malam datang, unsur negatif akan meningkat. Entah kenapa begitu, munkin saja karena Hitam adalah lambang kejahatan? dan hitam adalah lambang dari malam?

Jadi kalau menurut orang jawa sendiri, mungkin bisa saja alasan tidak boleh potong kuku pada malam hari karena takut dengan teluh????


Tidak ada komentar:

Posting Komentar